10 Revolutionary Computers (part 1)

Minggu, 16 Mei 2010

10.

The Difference Engine


Keinginan Charles Babbage untuk membuat suatu mesin yang bisa melakukan perhitungan matematis malah membuatnya bisa menghasilkan salah satu karya yang luar biasa. Walaupun pada zamannya(tahun 1800an) mesin ini belum bisa dibangun, Tapi dengan blueprint yang ada, pada milenium baru ini mesin ini bisa berjalan sempurna seperti yang diinginkan Babbage.

9.

ENIAC


Dengan berat 30 ton dan menggunakan 17.478 tabung vakum. Electronic Numerical Integrator And Computer (ENIAC) ini menjadi bukti kehebatan sebuah komputer di tahun 1946. Berkemampuan untuk memproses 357 operasi per detik dan sudah bisa diprogram alias programmable komputer raksasa ini menjadi salah satu kebanggaan U.S army.

8.

IBM System/360

Dikeluarkan oleh IBM (International Business Machines Corporation) pada tahun 1964, kepopuleran dari IBM system/360 ini menjadi fondasi ekonomi untuk bisnis komputer di masa yang akan datang.

7.

Datapoint 2200

Salah satu single-user komputer pertama yang dijual dipasaran pada tahun 1970an. Dikenal sebagai nenek moyang dari komputer berbasis intel.

6.

Xerox PARC Alto


Sebuah single-user komputer yang sudah mengenal windows dan icon. bahkan sudah menggunakan mouse sebagai controller, sebuah local hard drive dan ethernet. Benar-benar sudah menyerupai komputer di masa kini, padahal alto dibuat pada tahun 1974. Sayang alto tidak pernah dipasarkan.

source: www.livescience.com

0 comments: